Senin, 20 Februari 2012

jenis-jenis format file


Pengertian format file yang terdapat di Audio
·         Mp3 adalah MPEG Audio Layer 3 merupakan salah satu format berkas pengkodean suara .MP3 memakai sebuah transformasi hybrid untuk mentrasformasikan sinyal pada ranah waktu ke sinyal pada ranah frekuensi .
·         AmR yaitu Adaptive Multi Rate merupakan file audio codec yang terkomperssi. Dan berukuran sangat kecil
·         WAV( WAVeform audio Format) merupakan file audio yang tidak terkompressi sehingga seluruh sampel audio disimpan semuanya di media penyimpanan dalam bentuk digital.
·         ACC yaitu Advance audio coding merupakan file audio yang menggunakan lossy compression(data hasil komperasi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna .karena data yang hilang ).
·         CDA yaitu CD trek dan merupakan format file akrab di cakram CD music.

Pengertian format file yang terdapat di audio dan video
   MP4 yaitu merupakan salah satu format berkas pengkodean suara dan gambar atau video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. 
  MPEG yaitu Moving Picture Expert Group merupakan format kompresi untuk video maupun audio yang distandarisasi oleh moving picture experts group. 
   FLV yaitu Flash Video merupakan sebuah wadah format file yang digunakan untuk mengirimkan video melalui internet  dengan mengunakan Adobe Flash Player .
·                 AVI yaitu Audio Video Interleaved file ini menyimpan data audio dan video dan dapat dikompres          menggunakan berbagai codec. Kualitas dan kapasitas tergantung pada codec dan secara khusus codec yang digunakan adalah MPEG.
·                        3GP merupakan sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh third Generation Partnership Projet untuk 3G UMTS jasa multimedia.

Pengertian format file yang terdapat pada gambar
·             RAW merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform.format inii mampu menyimpan mode warna RGB,CMYK,dan Grasyscale.
·            JPEG yaitu joint Photographic Experts Group adalah format gambar yang digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto dengan ukuran lebih kecil .
·           TIFF yaitu Tagged Image File Format adalah format gambar yang fleksibel biasanya menyimpan berbagai bit per warna .
·           GIF yaitu Graphic Interchange Format adalah format standar untuk publikasi elektronik dan internet yang mampu menyimpan animasi dua dimensi .
·           PNG yaitu portable Network Graphics adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut(Inggris lossles Compression).

Lain-lain
VCF yaitu VCard File merupakan file yang berisi sebuah data dan merupakan standrat format file untuk menyimpan data informasi kontak seseorang  seperti nama,nomor telepon,dll.

Kesimpulan pada semua  format file yang berupa audio,video dan audio, dan gambar mempunyai  kelebihan dan kekurangan pada  masing-masing  format file, MP3 merupakan  format file yang terdapat di audio paling popular (banyak orang mengunakan )dan kualitas baik.
Lalu  pada format file audio dan video mempunyai yang  kualitas baik dan sangat popular yaitu MP4,VLC. MP4 biasanya digunakan pada pc,laptop ,dan hp. jika mengunakannya di internet VLC ,itu semua tergantung pada si pemakai .
Dan format file gambar yang sering orang mengunakan JPEGkarena hasil foto yang cukup baik dan ukuran file yang kecil.

0 komentar:

Posting Komentar