Selasa, 30 April 2013

Definisi sistem informasi


Definisi sistem informasi :

Menurut Alter (1992) : Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja,informasi,orang dan teknologi informasi yang di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Menurut bodnare hopwood (1993): Sistem Informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk menstransformasikan data kedalam bentuk informasi yang bergun.
Menurut Hall (2001) : Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data di kelompokan,diproses menjadi informasi,dan di distribusikan kepada pemakai.
Menurut Turban,Mc lean,dan Wetnerbe (1999): Sistem Informasi adalah sebuah system informasi mengumpulkan,memproses,menyimpan,menganalisis,dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik .
Menurut Wilkinson (1992): Sistem Informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia,computer) untuk mengubah masukan(input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran perusahaaan .
Menurut Gelimas,Oram, dan Wiggins (1990): Sistem Informasi adalah suatu system buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis computerdan manual yang dibuat untuk menghimpun,menyimpan,dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai .
Menurut Mc leod : Sistem informasi merupakan system yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menyampaikan informasi.
Menurut O’Brien (2005,p5), Sistem Informasi adalah suatu kombinasi teratur ataupun dari orang ,perangkat keras,perangkat lunak ,jaringan komunikasi ,dan basis data yang mengumpulkan,mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi.
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan .(Tata sutabri,s.kom.,mm,2005:36).
Sistem informasi adalah system di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi,bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.(ERwan Arbie,2000:35).
Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan,dikelompkkandan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. (Tafri D.Muhyuzir,2001,8)
Leitch Rosses (dalam Jugiyanto,2005:11) mengemukakan sistem informasi adalah suatu sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian,mendukung operasi,bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan lapaoran-laporan yang diperlukan. 
Menurut Lani Sidharta (1995 :11), Sebuah sistem informasi adalah sisitem buatan manusia yang berisi himpunan terintregrasi dari komponen-komponen manual dan komponen- komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpukan data,memproses data,dan menghasilkan informasi untuk pemakai.
Menurut Achmad nur cholis al-mahdi : sistem informasi adalah  Sistem yang berfungsi mengolah semua data kemudian  menghasilkan sebuah informasi yang bermanfaat bagi sebagian orang lain.

 Referensi :
Kadir,abdul.2003.Pengenalan Sistem Informasi.penerbit: Andi,Yogyakarta
Tata sutabri,Sistem Informasi Manajemen,2005, penerbit: Andi,Yogyakarta
Mc leod,Raymond,2001,Sistem Informasi Manajemen,Jakarta,PT.Prenhallindo
Arbie,E.,2000,Pengantar system Informasi Manajemen,Edisi ke-7,jilid 1,Bina Alumni Indonesia,Jakarta.
Muhyuzir T.D.,2001,Analisa perancangan system pengolahan Data,cetak kedua,PT.Elex media Komputindo, Jakarta.
O’Brein, James A.,2005, Pengantar sistem informasi , penerbit : salemba 4,Jakarta.
Jogianto2 HM.2005.Sistem Teknologi Informasi, penerbit:  Andi, Yogyakarta .
Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, PT.Elex Media komputindo, Jakarta:1995


0 komentar:

Poskan Komentar