Minggu, 24 Februari 2013

sistem operasi


TUGAS BAHASA INDONESIA
n51030561155_3293.jpg

PENGGUNAAN SISTEM OPERASI LINUX DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN
Dosen Pengampu :
Purwito, Drs

Nama  :Annas Catur Immamuddin
Nim     :3115111395
Kelas   :TI.E
PROGAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
2011/2012

DAFTAR ISI

Daftar isi                                                        ........................................................ 1
Kata Pengantar                                             ........................................................ 2
BAB I PENDAHILUAN                              ........................................................ 3
A.       Latar Belakang                                ....................................................... 3
B.       Rumusan Masalah                           ....................................................... 3
C.       Tujuan                                              ....................................................... 4
D.       Manfaat                                            ....................................................... 4
E.       Kerangka Teoritik/Pendekatan     ....................................................... 4
BAB II LANDASAN TEOR                                   ........................................................ 5
Sistem Operasi Linux                          ........................................................ 5
BAB III ANALISIS/PEMBAHASAN        ........................................................ 6
A.       Perkrmbangan Linux untuk Pendidikan ............................................ 6
B.       Variasi Linux Yang Dapat Mendukung Pendidikan ......................... 9
C.       Keuntungan Penggunaan Linux Dalam Pendidikan ........................ 11
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN    ....................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA                                  ....................................................... 13
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt karena berkat nikmat dan karunianya akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas yang telah dibebankan kepada saya berupa makalah yang berkaitan tentang Teknik Informatika.
Makalah ini saya susun berdasarkan tugas yang telah diberikan oleh dosen mata kuliah Bahasa Indonesia, untuk bisa memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah ini. Di dalam makalah ini dituliskan  hal yang berhubungan dengan Teknik Informatika yaitu Pengunaan Sistem Operasi Linux dalam Institusi Pendidikan.
Saya selaku penulis makalah ini menyadari bahwa masih banyak kesalahan – kesalahan yang saya buat dalam makalah ini, oleh karena itu mohon untuk mamakluminya karena kami masih dalam tahap pembelajaran. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang Sistem Operasi Linux.

Yogyakarta, 8 November 2011
Penulis

Annas Catur Immamuddin
3115111395





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam perkembangan IT dari tahun ke tahun tidak pernah surut, setiap detik selalu mengalir bagaikan air dan berubah-ubah bagaikan cuaca. Perubahan yang sangat drastis atau sering disebut dengan revolusi membuat mereka tidak siap akan perubahan tersebut , mereka akhirnya berlomba-lomba untuk mengejar dan berusaha untuk mengupgrade kemampuan diri mereka. Dan kadang pula ada perubahan yang banyak membantu manuusia dikehidupan sehari-hari. Dari zaman ke zaman manusia sangat membutuhkan kemajuan teknologi, bisa dibilang manusia sangat ketergantungan dengan teknologi. Saat ini banyak progam/sistem operasi yang ditawarkan di Indonesia. Namun SO (Sistem Operasi) masih banyak software yang bajakan . Dan Linux adalah pilihan yang tepat terutama juga bagi para pelajar yang tidak ingin bergantung pada sistem operasi hak milik atau terpaksa menggunakan sistem operasi ilegal (bajakan). Salah satu kelebihan linux dibanding sistem operasi lainnya adalah kustomisasi untuk kebutuhan tertentu. Misalnya linux untuk pendidikan yang dikhususkan untuk digunakan di lingkungan pendidikan, baik dari sisi siswa, mahasiswa, pengajar dan sistem untuk mengelola fasilitas yang ada di lingkungan pendidikan. Hal ini dapat menyimpan sejumlah besar uang jika suatu sekolah atau lembaga tidak mampu untuk meng-upgrade perangkat keras setiap beberapa tahun, untuk tetap up dengan standar yang tinggi bahwa Windows membutuhkan.

B.     Rumusan Masalah
Dalam perumusan masalah di karya tulis ilmiah tentang penggunaan sistem operasi linux dalam dunia pendidikan ini. Menjelaskan bagaimana perkembangan sistem operasi linux dalam dunia pendidikan di indonesia, apa manfaat / fungsi sistem operasi linux bagi dunia pendidikan, macam-macam linux yang dapat mendukung pembelajaran dalam pendidikan .

C.    Tujuan
Selain disusun untuk memenuhi tugas bahasa indonesia, karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk:
a.       Meningkatkan pengetahuan tentang sistem operasi linux
b.      Memberitahu perkembangan teknologi di Indonesia terutama sistem operasi linux
c.       Mendiskripsikan dapatkah sistem operasi linux berkembang dalam dunia pendidikan di Indonesia

D.    Manfaat
Manfaat dari penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu untuk memningkatkan pengetahuan pembaca mengenai sebuah perkembangan teknologi terutama pada perkembanagan sistem operasi yaitu sistem operasi linux.

E.     Kerangka Teoritik / Pendekatan
Karya tulis ilmiah ini menggunakan pendekatan secara ekstrinsik dan menurut beberapa informasi yang saya cari dari internet, dengan melihat tentang perkembangan software / sistem operasi yang sedang berkembang di indonesia terutama sistem operasi linux. Hal inindilakukan oleh penulis agar masyarakat mengetahui sistem operasi linux lebih dalam.


BAB II
LANDASAN TEORI

Sistem Operasi Linux

Linux adalah suatu sistem operasi software yang diciptakan oleh Linus Torvalds, dan sistem operasi ini diperkenalkan pada publik yakni pada bulan November tahun 1991,beberapa kode progam yang disediakan adalah gratis agar bisa dikembangkan sendiri oleh publik. Misalnya, mendapatkan versi terbaru dari Fedora 14 Linux, dan menginstal pada mesin Pentium II, akan bekerja dengan baik. Hal ini bukan yang tercepat, tetapi bekerja, dan akan memungkinkan pengguna untuk tetap update dengan versi terbaru dan terbesar perangkat lunak seperti Firefox, Thunderbird, atau alat sistem yang terkait seperti rsync, ssh, dll.

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang paling baik , namun di indonesia sendiri penggunaanya masih terbatas dan hanya digunakan kalangan tertentu saja. Terutama di dunia pendidikan, hal ini masih bisa kita lihat . jarang sekali institusi pendidikan yang menggunakan sistem operasi linux. Mungkin hal ini disebabkan oleh popularitas Microcoft Windows atau Mac OS X yang sampai saat ini sudah dipakai oleh banyak orang indonesia. Untuk dunia pendidikan mengapa mereka takut beralih ke linux? Selain itu para pendidik TI kurang berani mengambil keputusan untuk beralih ke linux, mereka beralasan takut kalau hal tersebut tidak sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Mengapa tak beralih ke Linux? Padahal linux memiliki beberapa fitur yang mendukung pendidikan. Saatnya Linux Goes To School.


BAB III
ANALISIS ATAU PEMBAHASAN

A.     Perkembangan Linux Untuk Pendidikan
Pada masa masa kini keberadaan ataupun penggunaan sistem operasi linux masih sedikit digunakan oleh masyarakat Indonesia, hanya orang-orang ataupun kalangan-kalangan tertentu yang menggunakan sitem operasi linux. Kebanyakan dari mereka masih menggunakan sistem operasi yang umum di gunakan dalam masyarakat yakni Microsoft Windows Mereka masih takut utuk beralih ke Linux. Padahal semangat mereka untuk bermigrasi atau beralih ke sistem operasi linux itu ada, namun takut menjadi suku yang terasing akhinya merka memilih yang umum saja memekai Microsoft Windows. Walaupun mereka meng Upgrade Microsoft Windows . Ini adalah fakta yang diketahui bahwa beberapa alat bantu belajar bahasa menjadi lebih fasih dalam bahasa-bahasa. Konsep yang sama dapat diterapkan pada sistem operasi. Belajar Windows kunci untuk keluar di dunia karena sebagian besar berbasis Windows, tetapi belajar sistem operasi seperti Linux yang kedua juga sangat berharga juga. Mengenal baik pengetahuan meningkat perilaku yang berbeda dan meningkatkan pengetahuan umum tentang sistem operasi secara keseluruhan.
Apakah Anda bagian dari suatu lembaga atau instansi pendidikan yang hendak beralih ke open source untuk menggunakan sistem operasi yang legal dengan pendanaan yang jauh lebih terjangkau? Anda mungkin menjalankan LSM/NGO yang bergerak di bidang pendidikan bagi masyarakat, namun tidak memiliki dana berlimpah untuk membeli lisensi sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows atau Mac OS X untuk perangkat komputer yang digunakan. Maka Linux adalah pilihan yang tepat, terutama juga bagi para pelajar yang tidak ingin bergantung pada sistem operasi proprietary atau terpaksa menggunakan sistem operasi ilegal (bajakan).Ada banyak pilihan Linux untuk dunia pendidikan, dan kebanyakan dari mereka sangat mungkin didapatkan secara gratis, mengingat lisensinya yang berupa open source.

Ada banyak pilihan Linux untuk dunia pendidikan, dan kebanyakan dari mereka sangat mungkin didapatkan secara gratis, mengingat lisensinya yang berupa open source. Berikut kriteria yang saya dapatkan :
a.       Pilihan pertama dalam daftar saya adalah openSUSE: Education-Li-f-e. Life di sini merupakan akronim untuk Linux for Education“, yang merupakan salah satu distro Linux yang cukup konsisten mengembangkan seri Linux untuk dunia pendidikan.Peranti lunak yang disediakan pada rilis ini dipilih secara seksama untuk memenuhi kebutuhan pelajar, guru dan orang tua tentunya. Pilihan software disusun sedemikian rupa melingkupi semua yang diperlukan untuk menjadi komputer produktif bagi kepentingan pendidikan baik di rumah maupun sekolah, tanpa perlu memasang tambahan apapun.Bagusnya DVD-live-nya telah dilengkapi dengan server KIWI-LTSP yang bahkan bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna non-teknis, serta telah dipasangi banyak aplikasi berguna dari repositori education, build service dan packman.Ini berarti hanya dengan DVD-live, Anda bisa mem-boot jaringan ke beberapa komputer via intranet tanpa memasang software ataupun sistem operasi pada komputer. Ini bisa membantu Anda menguji kebergunaan distro Linux pada sebuah komputer tunggal ataupun komputer-komputer dalam jaringan. Namun untuk menggunakan secara maksimal dan produktif, tentu saja disarankan untuk memasangnya kemudian pada komputer.
b.      Pilihan kedua adalah Edubuntu yang merupakan turunan dari distro Linux paling populer – Ubuntu. Distribusi yang satu ini memiliki poin lebih pada pemaketan jenis software yang disediakan yang disesuaikan dengan kelompok usia. Ada beberapa pengelompokkan seperti:

  • ubuntu-edu-preschool: diperuntukkan bagi anak-anak pra sekolah ( < 5 tahun);
  • ubuntu-edu-primary: diperuntukkan bagi anak-anak sekolah dasar ( 6-12 tahun);
  • ubuntu-edu-secondary: diperuntukkan bagi anak-anak sekolah menengah  ( 13-18 tahun);
  • ubuntu-edu-tertiary: diperuntukkan bagi usia kuliah.
Anda bisa memasang Ubuntu dan menambahkan paket Edubuntu ke dalamnya, atau memasang Edubuntu secara mandiri. Saat ini Anda bisa mencoba Edubuntu secara daring melalui Edubuntu Online selama 2 jam di Internet, dan melihat bagaimana Edubuntu bekerja. Untuk mencoba ini, Anda memerlukan komputer dengan aplikasi Java terpasang, baik pada Linux, Windows ataupun Mac OS.
Fedora dulu menyediakan education spin, yaitu edisi khusus Fedora untuk dunia pendidikan, namun sekarang sepertinya tidak dilanjutkan lagi dan hanya tinggal sejarah. Hanya sempat muncul pada Fedora 10 sampai Fedora 12.
Yang cukup menarik bagi anak-anak kecil mungkin adalah Doudou Linux yang berasal dari Prancis. Linux ini menyediakan banyak aplikasi untuk anak-anak usia 2-12 tahun, dirancang sedemikian rupa sehingga anak-anak serasa bermain sambil belajar. Tujuan Doudou Linux adalah membuat komputer dapat diakses oleh semua anak di muka bumi, tanpa ada diskriminasi. Namun sayangnya Doudou Linux belum memiliki edisi berbahasa Indonesia, mungkin ada dari Anda yang bersedia turut dalam tim pengembang?



B.  Variasi Linux Yang Dapat Mendukung Pendidikan
Ø  Edubuntu adalah varian dari distro Linux Ubuntu yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Edubuntu merupakan akronim bahasa Inggris education Ubuntu. Penggunaannya lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation, menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk. Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display manage -nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi pendidikan untuk anak umur 6 sampai 18 tahun.Tujuan dan prioritas utama dari penggunaan Edubuntu adalah untuk memungkinkan para pengajar dengan kemampuan teknik komputer yang terbatas membuat laboratorium komputer atau lingkungan pendidikan on-line dalam tempo singkat (sekitar 1 jam) dan menatanya secara efektif. Prinsip desain utama Edubuntu adalah manajemen terpusat untuk konfigurasi, pemakaian dan proses, serta fasilitas untuk bekerjasama dalam sebuah kelas. Juga gabungan berbagai perangkat lunak bebas dan bahan-bahan digital untuk pendidikan.
Ø  UberStudent adalah distro linux untuk pendidikan yang dibuat berdasarkan distro linux Ubuntu dengan desktop environment LXDE. Distro ini ditujukan untuk membantu para mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas mereka, kemudian penelitan-penelitan yang berbasis ilmu pasti atau sains, dan membantu para siswa untuk mendapatkan kemampuan komputasi yang kuat. UberStudent-LXDE ini dirancang untuk komputasi akademis yang dibutuhkan para pelajar dengan spesifikasi komputer yang cukup rendah. Namun, dengan spesifikasi yang rendah tersebut dapat menyediakan kebutuhan untuk komputasi sehari-hari.

Ø   SchoolOnffline ditujukan untuk membantu sekolah dalam menyelenggarakan pelajaran komputer, tanpa perlu adanya Internet. Di instalasi pada komputer server lokal di Laboratorium Komputer untuk menggantikan fungsi Internet. Jika tersambung internet bisa difungsikan sebagai proxy. SchoolOnffLine tidak dirancang untuk di operasikan di jaringan Internet publik. Tidak ada usaha untuk membuat distro ini aman dari serangan di Internet.
SchoolOnffline dibuat berbasis Sabily 9.04 Desktop (turunan Ubuntu Muslim Edition) yang dapat di ambil dari http://sabily.org
Aplikasi pada SchoolOnffline dapat dikelompokkan menjadi:
Server Jaringan
  • MySQL Database Server
  • Apache2 Web Server
  • OpenSSH Server
  • NAT / Proxy
  • Tinyproxy (builtin sabily)
  • Dansguardian untuk membantu blokir situs tidak baik (builtin Sabily)
  • Postfix SMTP Mail Server
  • Postfix Relay host SMTP default ‘smtp.telkom.net’
  • Dovecot POP3 & IMAP Mail Server
Server Aplikasi
  • WordPress Blog Server
  • SpeedyWiki
  • Wikipedia for School
  • Squirrelmail Webmail server
  • Senayan Digital Library
  • Sistem Informasi Sekolah SD (SISFOKOL-SD)
  • Sistem Informasi Sekolah SLTP (SISFOKOL-SLTP
C.    Keuntungan Penggunaan Linux Dalam Pendidikan
Keuntungan lain dari menggunakan Linux dalam lingkungan pendidikan, yang mungkin tidak kita sadari. Hal ini dapat menyimpan sejumlah besar uang jika suatu sekolah atau lembaga tidak mampu untuk meng-upgrade perangkat keras setiap beberapa tahun, untuk tetap up dengan standar yang tinggi bahwa Windows membutuhkan. Linux dikenal untuk berjalan sangat baik pada hardware lama, yang berarti perangkat keras PC dapat memiliki siklus hidup lebih lama. Misalnya, mendapatkan versi terbaru dari Fedora 14 Linux, dan menginstal pada mesin Pentium II, akan bekerja dengan baik. Hal ini bukan yang tercepat, tetapi bekerja, dan akan memungkinkan pengguna untuk tetap update dengan versi terbaru dan terbesar perangkat lunak seperti Firefox, Thunderbird, atau alat sistem yang terkait seperti rsync, ssh, dll
Ini adalah fakta yang diketahui bahwa beberapa alat bantu belajar bahasa menjadi lebih fasih dalam bahasa-bahasa. Konsep yang sama dapat diterapkan pada sistem operasi. Belajar Windows kunci untuk keluar di dunia karena sebagian besar berbasis Windows, tetapi belajar sistem operasi seperti Linux yang kedua juga sangat berharga juga. Mengenal baik pengetahuan meningkat perilaku yang berbeda dan meningkatkan pengetahuan umum tentang sistem operasi seSpin termasuk perangkat lunak yang khusus dirancang untuk guru dan siswa. Anda tidak harus menggunakan spin, cukup tambahkan perangkat lunak apa pun yang Anda ingin distribusi yang sudah Anda gunakan. Fedora dan Ubuntu yang sangat baik dengan ini, dengan menggunakan alat grafis yang download, menambah / menghapus perangkat lunak dengan satu klik sederhana. Bagian yang terbaik adalah bahwa PC tes dengan mudah dapat diatur dan memandang, dengan tidak ada biaya lain selain menggunakan perangkat keras. Dan perlu diingat bahwa karena semua perangkat lunak open source, guru dan siswa terlibat secara aktif dalam mengembangkan dan meningkatkan perangkat lunak. cara keseluruhan.


BAB IV
KESIMPULAN
Penggunaan sistem operasi linux di dalam dunia pendidikan di indonesia masih sangat minim atau bahkan masih jarang sekali, hal ini dikarenakan para para pendidik takut untuk mengambil keputusan untuk beralih meggunakan linux dengan alasan takut jika hal tersebut tidak sesuai dengan standar kurikulum yang telah ditetapkan oleh diknas ataupun pemerintah pusat.
Dan kebanyakan dari mereka khawatir jikalau nantinya output yang dihasilkan tidak laku di dunia lapangan kerja, sebab saat ini masih banyak perushaan ataupun instansi-instansi kerja yang menggunakan OS Windows dan aplikasi lain yang tidak open source.
 Sehingga perkembangan sistem operasi linux dalam institusi pendidikan di indonesia kurang berkembang. Padahal jika memakai SO linux banyak sekali keuntugan yang di peroleh.Seperti: siswa dapat mengembangkan progam-progam yang belum ada sebelumnya.

SARAN
Saatnya dunia pendidikan untuk beralih ke Linux,sehingga dapat memanfaatkan progam-progam pendukung yang ada agar dapat menghasilkan SDM yang maju, agar dapat membantu penegakan Undang-undang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Karena didalam kurikulum pembelajarannya sudah dicantumkan materi tentang HAKI. Selain itu, Dunia lapangan pekerjaan juga harus bisa menyediakan media pendukung.



DAFTAR PUSTAKA


0 komentar:

Posting Komentar